Track & Trace X

LIVE CHAT X

Regulated Agent Meningkatkan Keamanan Pengiriman

MAY 18, 2014

Salah satu pra syarat pengiriman lewat jalu udara harus mendapatkan lanel dari Regulated Agent. Itulah yang dijalankan perusahaan Pandu Logistics untuk memberikan keamanan pengiriman jalur udara. sebab itulah RA dalam upaya meningkatkan kualitas keamanan kiriman.

Tak dipungkiri Angkutan Kargo dan Pos sangat kental dengan aspek komersial, sehingga rentan terjadi conflict of interst kalau pemeriksaan security tersebut dilakukan bukan oleh independent body.

Selama in, pemeriksaan keamanan terhadap kargo dan pos dilakukan di lini 1 (cargo warehouse) secara pernuh (yaitu satu per satu masuk mesin x-ray) sementara space, perugas dan peralata pemeriksa terbatas, maka akan terjadi penumpukkan kargo dan pos yang menggangu arus kargo, yang akhirnya akan menggangu perkembangan ekonomi nasional, serta berkumpulnya banyak orang akan menyulitkan dalam pemeriksaan dan pengawasan keamanannya.

Idealnya, pemeriksaan keamanan kargo dan pos yang akan diangkut dengan pesawat udara dilakukan untuk memastikan terpenuhinya keamanan dan keselamatan penerbangan, pemeriksaan kargo dan pos dilakukan badan usaha independen yang hanya melakukan kegiatan usaha dibidang pemeriksaan kargo dan pos, dan daerah keamanan terbatas (security restricted area) di kawasan gudang kargo atau sisi udara harus dapat dikendalikan tingkat keamanannya baik terhadap orang, barang dan kendaraan.

Dasar Hukum adanya regulated agent ini adalah adanya ICAO, Annex 17 amandemen 11 (dan mempertimbangkan draft amanademen 12 yang berlaku juli tahun 2011). KM 9/2010 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional (yang sekarang sedang proses finalisasi revisi) dan Peraturan Dirjen Hubud No:SKEP/47/IV/2010, yang sudah di rubah dengan Peraturan Dirjen Hubud Nomor 255/IV/2011 tanggal 2 April 2011 tentang Juknis Pemeriksaan Keamanan kargo dan Pos yang diangkut dengan pesawat udara.

Regulated Agent merupakan badan hukum indonesia yang melakukan kegiatan usaha dengan badan usaha angkutan udara yang memperoleh ijin dari Dirjen Hubud untuk melaksanakan pemeriksaan keamanan terhadap kargo dan pos. Pemeriksaan Kargo Pemeriksaan Keamanan Kargo adalah prosedurpemeriksaan untuk mencegah terangkutnya bahan peledak (explosives) dan bahan berbahaya (dangerous substances) dalam kiriman kargo dan pos yang akan diangkut dengan pesawat udara sipil. Adapun Sertifikat  Keamanan Pengiriman (Consignment Security Sertificate) adalah dokumen yang ditandatangani oleh regulated agent yang menjamin bahwa kiriman kargo dan pos yang diserahkan ke badan usaha angkutan udara telah memenuhi persyaratan keamanan.

Kewenangan perusahaan yang menyelenggarakan Regulated Agent adalah sebagai pelaku tunggal dalam pemeriksaan kargo dan pos setelah memperoleh ijin dari Dirjen Hubud, masa berlaku ijin pemeriksaan keamanan kargo dan pos oleh regulated agent adalah 5 tahun, dan dievaluasi setiap tahun. Selain itu, Regulated Agent berhak memungut tarif jasa pemeriksaan keamanan yang diberikan.

Siapa saja yang berhak menyelengarakan Regulated Agent: Badan Usaha Bandar udara / Unit Penyelengara bandar Udara pemegang Sertifikat Bandar Udara / Registrasi Bandara dan Memiliki Program Keamanan Bandara yang telah disahkan Dirjen; badan Hukum Indonesia; badan Hukum Gabungan dari Bandara dan Badan Hukum Indonesia.

Sedangkan syarat untuk mendapatkan ijin Regulated Agent adalah : Perusahaan harus memenuhi persyaratan administrasi dan teknis operasional. Persyaratan administrasi; Akta pendirian badan usaha Indonesia yang usahanya bergerak dibidang pemeriksaan keamanan; Izin Usaha Perusahaan yang izinnya di bidang kargo Udara.

INFORMASI TERKINI